Perkembangan Sejarah Voli Di Indonesia

Permainan bola voli memang sangat populer di dunia olah raga di Indonesia maupun dunia. Seringkali diadakannya permainan voli yang diselengarakan antar negara terlebih negara-negara ASEAN. Indonesia juga memiliki banyak atlit yang sangat profesional dan seringkali mengharumkan nama bangsa. Banyak sekali sekarang ini pelatihan-pelatihan permainan voli terlebih di sekolah-sekolah oleh banyak guru Olah Raga sekarang ini semakin banyak ditanamkan dan semakin banyak juga siswa yang berminat untuk mempelajari permainan bola voli hal ini tentu sangat bagus sekali untuk menciptakan atlit-atlit Indoesia. Meskipun begitu belum banyak juga yang memahami mengenai sejarah voli di Indonesia. Indonesia mengenal permainan voli sejak tahun 1928 dan sejak zaman penjajahan Belanda oleh karena itu Belanda memiliki andil yang besar terhadap perkembangan permainan voli di Indonesia.
sejarah voli di indonesia

Di Indonesia olah raga bola voli berkembang sangat pesat sejak pertamakali ada. Berbagaikalangan sangat antusias menggeluti olahraga tersebut. Untuk sejarah voli di Indonesia sendiri takluput juga membahas tentang induk organisasinya. Pada 22 Januari 1955 terbentuklah badan induk bola voli yang menjadi pusat sekaligus yang mengontrol perkembangan bola voli di Indonesia. Badan induk organisasi itu adalah PBVSI (Persatuan Bol Voli Seluruh Indonesia) yang dibentuk di Jakarta. Sejak berdirinya dibentuknya badan induk organisasi tersebut, kegiatan olahraga voli di Indonesia terus berkembang pesat. Hingga pada akhirnya akibat pesatnya perkembangan di Indonesia, permainan ini mewakili Indonesia mengikuti kejuaraan olah raga bola voli di luar negeri.

Pada sejarah voli di Indonesia yang cukup mengukir sejarah yakni pertama kali mengikuti kejuaraan olahraga se Asia Tenggara atau biasa disebut ASEAN Games. Acara tersebut diselenggarakan pada 1962 dengan nama ASEAN GAMES ke IV dan Ganefo 1963 yang diselenggarakan di Indonesia. Akan tetapi pada acara resmi pada dalam negeri dimulai lebih awal, tepatnya pada acara PON ke PON II pada tahun 1951 di Jakarta. Untuk peserta dalam keuaraan bola voli tiap tahun semakin meningkat higga pada sekarang ini banyak atlit-atlit bola voli di Indonesia yang telah mengharumkan nama bangsa hingga luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *